Rabu, 06 November 2013

Apa Bedanya Iklan & Promosi ?

         Banyak orang, bahkan dari kalangan marketing sendiri sering kali berurusan dengan iklan (Advertising)  ataupun kegiatan promosi secara substantial. Tetapi ternyata hanya 1 banding 1.000 yang tahu bedanya.

Apa itu iklan.. dan apa itu promosi ?

         Kalau Anda termasuk dalam kelompok 1.000 orang tersebut mungkin akan sedikit bingung.. Apa ya bedanya ?
Karena memang banyak sekali orang yang mengganggap bahwa iklan itu ya promosi.. Promosi itu ya iklan..
Dan memang itulah yang terjadi, sehingga banyak sekali kesalah-kaprahan dalam pengertian ini yang membuat kegiatan marketing mereka tidak menghasilkan apapun selain pengeluaran-pengeluaran yang harus mereka bayar untuk iklan-iklan mereka yang tidak menghasilkan.

Bagaimana bisa berharap menghasilkan.. wong mengerti aturan mainnya saja tidak.. !!

Biar tidak tambah penasaran, Maka langsung saja kita bahas apa perbedaan  Iklan dan Promosi.

Marketing Adalah Alat Untuk Meningkatkan Penjualan

         Oleh karena itu, semua elemen yang terkait didalam sebuah kegiatan marketing selalu dimaksudkan untuk meningkatkan penjualan.Termasuk juga iklan dan promosi.
Nah seperti yang sudah saya bahas dalam artikel-artikel sebelumnya.. Bahwa tujuan akhir dari marketing adalah untuk peningkatan penjualan dengan jalan melakukan kegiatan apapun yang diperlukan bagi sebuah usaha, untuk membuat usaha tersebut selalu terlihat LEBIH BAIK dari para pesaingnya di mata pasar. Sehebat apapun business Anda.. Sebagus apapun product Anda dan sekompetitif apapun harga yang di tawarkan oleh business Anda.. Tetapi kalau pasar tidak tahu akan semua keunggulan tersebut.. Ya percuma saja.. Nggak akan ada lonjakan penjualan yang berarti..
Dan IKLAN serta PROMOSI.. adalah salah satu alat dalam kegiatan Marketing untuk melakukan kampanye kepada publik agar pasar tahu semua keunggulan-keunggulan tersebut..
        Tetapi, dalam rangka membuat iklan tidak terlihat norak banget, maka gaya beriklan mulai mengalami revolusi dari yang awalnya hanya sekedar menawarkan suatu product terus akhirnya dipoles disana sini untuk digunakan mengangkat positioning suatu brand (merk) dari sebuah product, agar selain product tersebut terlihat lebih menarik, product tersebut akhirnya juga lebih dikenal oleh pasar dengan image tersendiri. Dan disinilah akhirnya semua polesan tadi akhirnya jadi kebablasan sampai akhirnya lupa kalo maksud awal dari sebuah iklan harusnya untuk mengangkat naik angka penjualan sebuah business.
Ingat.. Baik Promosi ataupun IKLAN,  keduanya adalah kegiatan atau aktivitas untuk MEMBELI PELANGGAN
       Dikatakan MEMBELI.. karena pihak yang melakukan kedua aktivitas tersebut mengeluarkan biaya untuk mendatangkan PEMBELI bagi product yang mereka tawarkan. Dan karena fungsinya untuk membeli calon pelanggan, maka harga yang harus dikeluarkan untuk kegiatan tersebut harus selalu menghasilkan. Dan sebaik-baiknya transaksi pembelian adalah jika pihak pembeli mendapatkan lebih banyak keuntungan dari biaya yang merekakeluarkan untuk mendapatkan sesuatu.
Bisa jadi harga yang Anda keluarkan untuk kegiatan iklan tersebut sebesar 1 juta rupiah misalkan, tetapi hasil yang didapatkan bisa sangat bervariasi.. Mulai dari hasil penjualan yang menembus angka ratusan juta.. atau bahkan tidak menghasilkan penjualan apapun.. Dan memang itulah seninya dalam kedua kegiatan tersebut.
Sekilas 2 hal tersebut terlihat sama.. Tetapi sebetulnya keduanya berbeda.. Bahkan jika Anda amati lebih dalam sedikit saja.. akan terlihat sangat berbeda…

Iklan/Advertising

       Iklan atau Advertising, adalah kegiatan untuk mengumumkan keberadaan sebuah product atau business kepada publik. Media distribusinya bisa banyak medium yang digunakan. Mulai dari media cetak.. selebaran.. banner gantung dipinggir jalan.. sticker tempel di angkot-angkot ataupun billboard dan baliho-baliho di tempat-tempat strategis. Tidak cuma disitu saja, iklan juga didistribusikan dengan menggunakan media electronic juga seperti media radio, televisi dan internet.
Contoh yang paling sering Anda lihat adalah.. Iklan Rokok di TV-TV.. Iklan Sabun.. Iklan Shampo..
Sebagai bagian dari kegiatan untuk menaikkan angka penjualan.. Secara substantial.. iklan yang sering Anda lihat di media electronik ataupun cetak hanyalah sekedar mengumumkan keberadaan suatu product atau business kepada publik melalui pesan yang di kampanyekan oleh iklan tersebut.. Dan IKLAN tersebut umumnya tidak punya kekuatan apapun yang bisa membuat para audience-nya untuk segera membeli product tersebut.. Selain hanya suguhan selingan untuk menarik perhatian Anda saja.. yang tentu saja sangat mahal biayanya.. sementara hasilnya malah tidak bisa di ukur secara pasti.
Kalau nggak percaya… Coba lihat contoh di bawah ini..
Katakanlah Anda seorang perokok..
Terus ada IKLAN dari sebuah product rokok dengan model yang sangat gagah, setting ceritanya dramatis kayak film-film koboi atau petualangan di gurun-gurun.. Sudut pengambilan gambar serta nuansa warnanya menandakan bahwa tayangan iklan tersebut di garap sangat profesional sekali.. Dan tentu saja iklan tersebut mengungguli iklan-iklan product rokok lainnya..
Tetapi yang lucu..
Ternyata semua kemewahan tadi nggak ngefect apa-apa terhadap penjualan mereka.. Karena iklan mereka hanya sebatas pamer tayangan saja. Contoh yang paling tragis adalah iklan dari sebuah Merk Rokok yang beberapa kali memenangkan Penghargaan Citra Pariwara .. Iklan mahal tersebut ternyata malah nggak mendongkrak penjualan mereka secara significant.
       Dalam banyak hal.. Iklan yang tidak mempunyai kekuatan apapun semacam ini adalah salah satu contoh KESALAHAN TERBESAR DALAM MARKETING yang hanya menghambur-hamburkan dana segar yang sudah susah payah mereka kumpulkan, kepada pemilik production house tempat iklan tersebut di buat dan pemilik media tempat iklan tersebut di tayangkan.. Sedangkan masalah hasil.. Nggak ada yang bisa memastikan.. Dan inilah yang sering mereka gembar-gemborkan sebagai pengorbanan yang merupakan bagian dari kegiatan Branding.. Penguatan merk..
Bagi perusahaan besar yang sudah berlebih duitnya….
Silahkan saja menghambur-hamburkan uangnya demi kebodohan yang mereka sebut-sebut dengan Branding dan Positioning tersebut.. Karena sebenarnya dua kata tersebut (Branding & Positioning) seharusnya bisa diciptakan dengan biaya yang jauh lebih murah dan tepat sasaran melalui pembuktian pada kualitas product dan service yang mereka tawarkan kepada pasar.. Bukan dengan cara-cara yang mendramatisir ataupun mengelabuhi pasar dengan gambaran dan kenyataan yang semu dan palsu belaka.
Bagi perusahaan kecil ataupun yang baru saja berkembang..
Berhati-hatilah dengan model iklan yang Anda pilih.. Untuk lebih jelasnya lagi.. silahkan simak kelanjutan dari artikel ini..
Dari sisi ROI-Return Of Investment (kembalinya biaya yang di investasikan), Iklan.. Biayanya keluar di awal.. hasilnya bisa sangat bervariasi di akhir.. Bahkan banyak yang malah nggak menghasilkan apapun.. Alias IKLAN-nya GAGAL..
IKLAN yang tidak mempuyai kekuatan apapun untuk menggerakkan pasar dan melulu hanya untuk mempublikasikan keberadaan sebuah product ataupun business kepada pasar seperti inilah yang disebut Institutional Advertising oleh Jay Abraham (The Highest Paid Marketing Consultant).

Promosi/Promotion

      Anda pasti sering melihat di beberapa supermarket.. Sebuah product di jual dengan tambahan hadiah product lain seperti, beli susu kemasan 900 gram berhadiah langsung 10% dengan harga yang sama. Ada juga sebuah product Refill Obat Nyamuk yang jika beli 2 kaleng berhadiah langsung alat penyemprotnya. Atau product sabun cuci MATIC berhadiah Mobil SUV misalkan..
Ini adalah salah satu bentuk paling gampang dilihat dari kegiatan yang bernama PROMOSI.. Dimana incentive berupa rewards/hadiah di gunakan untuk merangsang pasar bergerak membeli sebuah product.
Anda bisa bayangkan… Jika Anda ingin membeli sebuah product susu yang harganya sedikit mirip.. Tetapi yang satunya menawarkan tambahan 10% isi lebih banyak dengan harga yang sama, sementara yang satunya tidak.. Mana yang Anda pilih.. ?
Jika Anda ingin membeli refill Obat Nyamuk Semprot yang harganya nggak terlalu beda jauh, tetapi yang satunya menawarkan hadiah alat penyemprotnya sementara yang lainnya tidak.. Mana yang Anda pilih..?
Jika Anda ingin membeli product sabun cuci MATIC untuk mesin cuci Anda dengan harga yang hampir mirip-mirip, tetapi yang satunya menawarkan kupon undian untuk memenangkan mobil SUV seharga 1/2 Milyar.. Mana yang Anda pilih..
Product sejenis dengan tambahan bonus/incentive atau yang tidak ada tambahan apa-apanya..?
Banyak orang pasti akan lebih memilih yang ada incentivenya… Nah inilah yang dimainkan oleh salah satu kegiatan marketing yang kita sebut dengan PROMOSI..
       Promosi adalah kegiatan kampanye bagi sebuah product ataupun business yang selalu ditandai oleh adanya pemberian incentive atau rewards untuk merangsang pasar bergerak dan bertindak (membeli) product yang di kampanyekan dalam ajang promosi tersebut saat itu juga. Promosi selalu menggunakan rewards dan limited offers (penawaran dalam kondisi terbatas – baik dari sisi waktu atau ketersediaan rewards) sebagai stressing. Artinya.. promosi memberikan hadiah bagi semua orang yang mau membeli product yang dipromosikan tersebut saat itu juga atau dalam tenggang waktu masa promosi. Salah satu pembeda antara IKLAN dan PROMOSI juga waktu.. Iklan tidak mempunyai batas waktu, sementara PROMOSI selalu ada Tenggang waktu yang diberlakukan sebagai alat stressing bagi kegiatan tersebut.
Itu sebabnya selalu ada kata-kata dalam publikasi mereka.. SELAMA MASA PROMOSI.. atau SELAMA PERSEDIAAN MASIH ADA..
Incentive dalam promosi umumnya berupa :
  • Pemberian bonus hadiah
  • Pemberian Discount
  • Pemberian Voucher Potongan Harga
  • dan Kupon undian
       Dalam perkembangannya.. Promosi banyak sekali di MIX dengan IKLAN sehingga menjadi Bentuk IKLAN PROMOSI yang tentu saja mempunyai kekuatan yang lebih bagus dari IKLAN yang tidak mengandung unsur promosi di dalamnya.. Sehingga selain distribusi pesannya menjadi sangat MASSIVE (bukan D’Massive loh..), dampaknya juga sangat luar biasa.. luas dan massal..
IKLAN yang di MIX dengan unsur Promosi ini.. Oleh Jay Abraham disebut dengan Direct Response Advertising.. Iklan yang akan langsung diresponse oleh pasar..
Mengapa bisa begitu..? Ya Karena ada hadiah yang bisa di dapatkan oleh para pembeli yang langsung meresponse Direct Response Advertising ini.. Anda sendiri juga pasti akan lebih memilih product yang diiklankan dengan adanya hadiah dibandingkan dengan product yang diiklankan tetapi tidak ada hadiahnya.

Nah.. inilah akhirnya yang menjadi pembeda.. Antara Iklan dan Promosi..

Iklan akhirnya hanya pengumuman suatu product atau business tanpa ada incentive apapun yang bisa merangsang orang untuk segera take action membeli product yang ditawarkan oleh iklan tersebut..

Sementara promosi adalah penawaran suatu product atau business yang di sertai dengan incentive untuk merangsang pasar segera take action untuk segera membeli product tersebut.

Dari sisi ROI (Return On Investment),
Iklan biayanya keluar di awal, sementara hasilnya nggak ada yang tahu..
Promosi.. biayanya hanya akan dikeluarkan pada saat ada peminat dari promosi tersebut, jadi biayanya hampir selalu berbanding lurus ataupun exponensial degan biaya yang dikeluarkan..

Kalau Begitu, lebih kuat mana pengaruhnya.. iklan atau promosi ?

       Ya pasti promosi lah.. Tapi kombinasi dari Iklan dan Promosi, akan membentuk sebuah promosi berskala massive yang dikenal dengan sebutan Direct Response Advertising, atau iklan dengan response langsung yang di kenalkan oleh Jay Abraham.. Mempunyai kekuatan yang sangat dashyat untuk meningkatkan penjualan secara dramatis bagi sebuah product dan akan pada area pemasaran yang sangat luas dan massal.

Beberapa contoh Direct Response Advertising yang terkenal adalah.. :

  • “Terbang Bersama Lion Air, Pulang bawa BMW”.
  • “Menabunglah di BCA dapatkan 8 Honda Jazz yang diundi setiap Minggu-nya..”
  • “Mudik Bersama Teh Sariwangi”
  • Dan banyak lagi yang lainnya..

5 komentar:

Check it out! zack1992 will design professional logo for $5 on #Fiverr https://www.fiverr.com/s2/856ab2ef65

Anda membutuhkan Program kasir / Software kasir?
Jangan ragu, kunjungi website kami http://www.inovapos.com

Anda membutuhkan Map Ijazah, Map Raport, Map sertifikat, Tas Seminar?
Jangan ragu, kunjungi website kami http://www.rajamap.com

Anda membutuhkan Jasa Cuci AC, Pasang AC, Sevrice AC?
Jangan ragu, kunjungi website kami http://www.cuci-ac.com

saya selama ini benar-benar berpikir jika iklan dan promosi itu sama, ternyata berbeda.. terimakasih telah memberikan ilmu baru untuk saya melalui artikel ini.. sangat bermanfaat..
silahkan kunjungi juga website saya yaa di Aplikasi Kasir dan Stok Barang

Posting Komentar