Facebook? twitter? Google Buzz? Sudahkah sobat menggunakannya?
jawabannya pasti sudah. Kemudian digunakan untuk apa saja kedua social
media itu. Apakah untuk silaturrahmi, menjalin persahabatan, mencari
pasangan atau iseng dan senang-senang saja dengan posting sana sini,
komen sana sini dan seterusnya?.
Namun bagi dunia bisnis online dan juga internet marketing, social media
ini bukan untuk hal itu saja, melainkan lebih banyak lagi manfaat
penting dari sini. Promosi produk, jasa atau apapun yang bisa dijual dan
lain sebagainya. Atau bahkan sebagai salah satu alternatif dalam of-page SEO (Optimasi mesin pencari diluar web dan konten). Saya pernah bertanya tanya seberapa ngefek kah teman (facebook) atau follower (twitter) kita, terhadap keberhasilan promosi bisnis online dan internet marketing kita?
Mungkin inilah jawabannya..
Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa mereka yang menjadi
penggemar(fans) atau pengikut (follower) dari sebuah merek di Facebook
atau twitter, masing-masing, secara signifikan lebih besar
kemungkinannya untuk membeli produk dan jasa atau merekomendasikan merek
kepada teman atau follower.
Pengaruh besar social media terhadap keputusan pembelian ini dibuktikan oleh sebuah studi yang dilakukan oleh Chadwick Martin Bailey dan iModerate Research Technologies
menemukan bahwa 67% konsumen lebih cenderung membeli dari merek yang
mereka ikuti pada twitter, dan 51% lebih mungkin membeli dari sebuah
merek yang mereka ikuti di Facebook (Facebook.com). Selain itu, mereka
79% lebih mungkin untuk merekomendasikan kepada teman (follower) dalam
twitter, dan 60% lebih mungkin untuk melakukan hal yang sama di
Facebook.
Tentu
saja, temuan tersebut mungkin agak berlebihan bahwa, banyak orang
secara aktif mencari merek-merek yang mereka inginkan melalui yang
mereka gemari (fans) dan mereka ikuti (followed) dalam twitter dan
Facebook. Namun, alasan sederhananya adalah apabila secara rutin dan
konsisten menginformasikan dan mempromosikan merk tertentu dalam
facebook atau twitter tentu akan langsung dibaca dan diupdate oleh fan
atau follower yang biasanya selalu aktif dalam social media. Ditambah
lagi, studi juga menemukan bahwa banyak konsumen di berbagai demografi
memiliki persepsi negatif terhadap merek tertentu yang tidak menggunakan
media sosial.
Secara keseluruhan, hasil penelitian ini adalah tanda lain bahwa media
sosial (social media) menjadi keunggulan tersendiri yang cukup
kompetitif dalam bisnis online dan internet marketing,
tentu saja bagi mereka yang berpartisipasi. Dan menjadi kelemahan yang
semakin besar bagi pelaku bisnis online yang tidak berpartisipasi dan
menggunakan social media.
Rabu, 06 November 2013
Facebook dan Twitter Berpengaruh Besar Terhadap Keputusan Pembelian
09.50
No comments
0 komentar:
Posting Komentar