Keputusan pembelian tanpa rencana seringkali
dilakukan konsumen setelah memasuki toko, supermarket, atau mall
seperti diungkapkan seorang pakar marketing Easwar S. Iyer bahwa
pembelian produk tanpa rencana dibuat konsumen pada saat di dalam toko
dan bukan merupakan prioritas pada saat sebelum memasuki toko. Dengan
kata lain impulse purchasing sebagai unplanned buying, pembelian yang
dilakukan konsumen tanpa adanya rencana terlebih dahulu.
Henry
Assael menambahkan, ketika konsumen berbelanja, konsumen sering membuat
suatu keputusan pembelian di dalam toko daripada mengutamakan keputusan
pembelian sebelum memasuki toko. Hal tersebut terjadi sebagai akibat
pengaruh lingkungan dalam toko terutama faktor display, penataan rak,
pengemasan, dan harga yang ditawarkan daripada pembelian terencana
(preplanned purchase) yang merupakan pembelian dimana konsumen telah
menetapkan atau mengetahui produk apa yang akan dibelinya sebelum
memasuki sebuah toko.
Akibatnya,
faktor-faktor rangsangan dalam toko berperan dalam mempengaruhi
pengambilan keputusan pembelian yang tidak direncanakan sebelumnya.
Dalam pembelian yang tidak direncanakan, konsumen cenderung bergantung
pada informasi yang tersedia di dalam toko dan tidak terjadi pengolahan
informasi secara mendalam
Rabu, 06 November 2013
Keputusan Pembelian Tanpa Rencana (Unplanned Buying)
09.33
No comments
0 komentar:
Posting Komentar