Artikel Usaha : Strategi Bisnis Dalam Pemasaran dan Promosi Produk UKM Dengan Media Sosial di
Internet merupakan salah satu hal yang patut dipertimbangkan terutama
untuk mengembangkan pasar.Media sosial selain dimanfaatkan sebagai ajang
menjalin pertemanan, belakangan ini juga dimanfaatkan menjadi salah
satu ladang promosi yang cukup potensial.
Aneka
jenis produk maupun jasa mulai ramai dipasarkan para pelaku usaha
melalui akun-akun pribadi yang sengaja dibuat untuk
mempromosikan bisnisnya dan usahanya di dunia maya. Kekuatan media
sosial (socmed) yang cukup besar, memberikan keuntungan tersendiri bagi para pelaku usaha. Dengan memahami Strategi Bisnis Dalam Pemasaran dan Promosi Produk UKM Dengan Media Sosial di
Internet , setidaknya para pengusaha bisa mengurangi biaya iklan setiap
bulannya dan mendatangkan banyak pelanggan dari berbagai kalangan
masyarakat.
Rabu, 06 November 2013
Strategi Bisnis Dalam Pemasaran dan Promosi Produk UKM Dengan Media Sosial di Internet
09.17
No comments
Karena itu, bila kita tertarik mempelajari cara untuk menggunakan media info
yaitu media sosial kali ini akan dibahas dan informasikan mengenai
beberapa aturan maupun etika yang perlu kita perhatikan ketika
mengoptimalkan promosi di media sosial.
Mengerti Aturan Main
Walaupun tidak
ada aturan baku (hitam diatas putih) yang mengatur pasal-pasal dan
syarat-syarat bersosialisasi di media sosial, namun penting bagi kita
untuk memahami aturan tak tertulis ataupun sopan santun dalam
mempromosikan produk maupun jasa. Bila hal ini tidak kita perhatikan
dengan baik, bisa-bisa perusahaan kita dicap sebagai spam/ informasi sampah sehingga banyak konsumen yang pergi meninggalkan akun Anda, sehingga peluang usaha yang sebelumnya sudah kita ciptakan akan menjadi sepi dan menyebabkan collaps.
Memahami Pasar dan Penawaran
Sebelum memasarkan produk atau jasa melalui media online dan media sosial sebagai media info
di internet, kita harus terlebih dahulu memahami siapa saja target
pasar yang hendak kita bidik. Kita tidak bisa memperlakukan semua
konsumen ataupun calon pelanggan dengan sama rata, dan mempromosikan
produk kita kepada orang-orang yang tidak berkepentingan. Misalnya saja
mempromosikan produk usaha kecil di bidang mesin percetakan ke pengusaha keripik, dan begitu pula sebaliknya.
Membangun komunikasi efektif
Kadang kala
para pelaku usaha hanya berkonsentrasi dalam memasarkan produk-produknya
dengan cara mengirimkan gambar ataupun pesan singkat mengenai sebuah
penawaran kepada para konsumennya tanpa memperhatikan komunikasi yang
terbangun diantara mereka. Hal inilah yang membuat konsumen merasa bosan
dengan akun media online kita, sehingga tidak jarang mereka memilih
untuk unfollow atau memblokir akun tersebut karena kita terlalu sering mengirimkan penawaran yang membosankan. Padahal peluang usaha melalui online marketing memiliki potensi besar dalam meningkatkan keuntungan dan penghasilan tambahan, khususnya yang bergerak di bidang UKM maupun sektor wirausaha lainnya.
Memberikan Respon
Ketika mendapatkan sebuah komentar ataupun balasan retweet dari
para konsumen, kita diwajibkan untuk segera membalasnya dengan
tanggapan yang cukup hangat. Respon yang kita berikan kepada konsumen,
menjadi salah satu alat yang efektif untuk meyakinkan konsumen bahwa
kita memiliki kepedulian yang cukup besar terhadap permasalahan yang
mereka hadapi. Bila kita mendapati pertanyaan yang sangat banyak,
selanjutnya kita bisa menambahkan FAQ (Frequently Asked Question)
untuk mempermudah para konsumen mengetahui jawaban-jawaban yang mereka
butuhkan dari beberapa pertanyaan yang sering dilontarkan konsumen.Ini
sangat penting untuk diterapkan khususnya bagi pelaku wirausaha dan bidang UKM yang menggunakan internet sebagai media pemasarannya.
Melakukan strategi bisnis efektif agar mudah terindeks mesin pencari
Terakhir, kita
perlu melakukan beberapa langkah jitu agar pesan promosi yang kita buat
di media sosial bisa cepat terindeks oleh mesin pencari (Google, Yahoo,
dll). Contohnya saja dengan mencantumkan hashtag (#) ketika menggunakan
twitter, cara tersebut bertujuan untuk memudahkan twitter kita terindeks
dalam mesin pencari dan berada di posisi pertama ketika para pengguna
twitter mencari dengan kata kunci yang kita gunakan. Hal yang sama juga berlaku di facebook.
Nah, setelah membaca artikel di atas, tentunya kita sudah bisa memulai action dalam menjalankan bisnis online dan memasarkan produk UKM dengan harapan mendatangkan untung besar setiap bulannya dengan berpromosi di media sosial.
0 komentar:
Posting Komentar