Promosi
meliputi semua alat-slat dalam kombinasi pemasaran yang peranan
utamanya adalah untuk mengadakan komunikasi yang sifatnya membujuk
promosi merupakan suatu proses komunikasi dari penyampaian amanat atau
berita tentang produk/barang atau jasa dari penjual kepada para pembeli
potensial (konsumen). Promosi mencakup penjualan oleh perseorangan,
penjualan massal dan promosi penjualan. Pada
prateknya walaupun pelaksanaan promosi ini umumnya dilakukan oleh para
penjual/produsen, pihak pembeli atau calon pembeli kadang-kadang ada
kalanya secara sadar atau tidak sadar juga telah melakukan promosi,
misalnya bila mereka menginginkan suatu informasi/keterangan mengenai
harga, kwalitas dan sebagainya dari pihak penjualan. Contohnya dalam
keadaan kehidupan sehari-hari ada kalanya pada saat berbincang-bincang
orang menyinggung produk atau juga tertentu, umumnya mengatakan
keinginannya membeli rumah atau mengatakan bahwa besok malam film di
Juwita sangat bagus, maka dalam hal ini orang tersebut telah
melaksanakan kegiatan-kegiatan promosi. Tujuan
promosi merupakan dasar dalam membuat keseluruhan program promosi yang
akan dijalankan oleh perusahaan dalam rangka mencapai apa yang
diinginkannya.
Pemasaran
adalah suatu proses social yang didalamnya individu dan kelompok
mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan
menciptakan,menawarkan,dan secara bebas mempetukarkan produk yang
bernilai dengan pihak yang lain.
Etika adalah suatu cabang dari filosofi yang berkaitan dengan kebaikan atau moralitas dari perilaku manusia.
Perusahaan
tentunya berusaha sebaik mungkin agar produknya laku terjual.berbagai
cara dapat dilakukan untuk memasarkan produk perusahaan. Diantaranya
melalui promosi diberbagai media baik cetak maupun elektronik, membuat
event atau acara tertentu,membuat jalur distribusi yang baik.
Pemasaran
produk yang dilakukan perusahaan tidak hanya memikirkan bagaimana
caranya agar produk perusahaan dapat haibs terjual namun juga
menciptakan,menumbuhkan,dan menjaga pelanggan/konsumen. Oleh karena
itu,dibutuhkan etika bisnis dalam memasarkan produk untuk mencegah
praktik-praktik pemasaran yang tidak etis,yang ujungnya menimbulkan
persaingan yang tidak seha dan mencelakakan konsumen.
0 komentar:
Posting Komentar